Ticker

6/recent/ticker-posts

Tradisi Khas Agustusan di Malang Selain Selamatan

Malang, Detik.in – Agustusan merupakan istilah yang umum dipakai kemeriahan ketika bulan Agustus, yang mana pada bulan ini terdapat tanggal bersejarah yaitu 17 Agustus.  Dimana pada tanggal itulah Indonesia memperoleh kemerdekaan, tepatnya 17 Agustus 1945.

Dengan itu  maka rakyat Indonesia selalu mengingat disetiap tahunnya. Sejarah ini tidak akan terlupakan dan terlewatkan terlebih di Malang.

Untuk memperingati hari kemerdekaan ini biasanya rakyat indonesia melakukan tradisi untuk memeriahkanya. Dan jauh hari sebelum 17 an, semua akan memberikan isyarat dengan berbagai pernak pernik dan ragam kegiatan.

Berikut adalah tradisi yang dilakukan dalam Agustusan.

 

1. Lomba – lomba

Hampir bisa kita dapati di Malang, baik dikota maupun didesa, dalam memperingati serta memeriahkan agustusan, mengadakan perlombaan, baik itu lomba lingkungan dengan memasang umbul-umbul dan bendera merah putih, juga mengecat pagar atau menghias gang – gang jalan. Dan juga perlombaan lainya seperti balab karung, tarik tambang, panjat pinang, bola volly dan sebagainya.

 

2. Selamatan

Malam 17 an biasanya juga diperingati dengan Selamatan Lingkungan. Warga akan menyiapkan makanan dan berkumpul bersama ditiap lingkunganya sembari tirakatan dan memeriahkanya berbagai acara yang pada intinya adalah tasyakuran dengan ada yang tumpengan.

 

3. Renungan Suci

Salah satu tradisi khas malam jelang 17 agustus adala Renungan Suci. Dimana hal ini dilakukan untuk mengenang jasa para Pahlawan yang sudah berjuang, berperang demi kemerdekaan.

 

4. Upacara Bendera

Hampir disetiap kantor swasta, sekolah dan intuisi melaksanakan upacara bendera 17 an.

 

5. Karnaval

Yang terakhir dalam memperingati dan memeriahkan agustusan, biasanya akan diadakan karnaval. Dengan menampilkan kreasi – kreasi unik dan berbagai tema. (ade)

 

 



from DETIK INDONESIA NEWS http://ift.tt/2wasrUj
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments