Header Ads

Antisipasi Kerusuhan, Polres Tanjungpinang Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada

infopolisi.online: Surabaya – Pilkada serentak memang masih akan digelar tahun depan. Tetapi Polres Tanjungpinang sudah menyiapkan diri untuk melakukan antisipasi. Pelatihan pengendalian massa pun digelar.

Pelatihan tersebut bertempat di Lapangan Pamedan Tanjungpinang. Skenarionya adalah adanya pihak-pihak yang tidak terima dengan hasil perhitungan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Massa yang tak puas menyerbu KPU. Polisi melakukan pengamanan.

Massa yang datang sambil berorasi ditemui tim negosiator. Mereka kemudian masuk ke kantor KPU untuk berdiskusi. Namun diskusi menemui jalan buntu yang membuat massa emosi dan kehilangan kesabaran. Massa mulai melakukan pelemparan batu dan air mineral.

Anggota dalmas dengan tameng terus menghalangi massa yang justru akan berusaha membuat kerusuhan lain, yakni membakar kantor KPU. Tindakan tegas pun dilakukan. Personel dalmas dibantu mobil water canon dengan semprotan airnya mendesak massa agar mundur

 

Personel pengurai massa (raimas) dengan motor trailnya juga berusaha membubarkan massa dengan tembakan gas air mata. Api yang membakar ban yang disulut massa di jalanan pun dipadamkan.

“Ini merupakan pelatihan rutin kami untuk peningkatan fungsi teknis dan taktis. Ini untuk menyambut pilkada serentak 2018,” ujar Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro, SH, SIK, M, Sabtu (12/8/2017).

Baskoro mengapresiasi Satuan Sabhara yang dengan lancar berhasil melakukan simulasi pengamanan pilkada serentak 2018. Dan untuk selanjutnya tetap akan ada pelatihan dan simulasi lain untuk terus meningkatkan keterampilan teknis dan taktis.

“Kami akan mengendalikan massa awal dalam eskalasi biasa hingga eskalasi meningkat,” lanjut Baskoro.

Baskoro mengaku siap menerjunkan sabhara untuk bila nantinya diperlukan guna mengendalikan massa. Semua personel Sabhara sendiri sudah siap. Baskoro melakukan pemeriksaan sendiri terhadap para personel Sabhara.

Baskoro melihat salah satu masah membenturkan badannya dan menendang tameng yang dipegang personel Sabhara. Benturan dan tendangan itu memang menggoyang tameng, tetapi tak membuyarkan dan membubarkan formasi.

“Kuat, bagus,” kata Baskoro.



from INFO POLISI BERITA POLISI KABAR POLISI http://ift.tt/2uzYF7c
via IFTTT

No comments

Powered by Blogger.