Ticker

6/recent/ticker-posts

Kapolres Lamongan Tegaskan Bahwa Berita Penculikan Anak Di Lamongan HOAX!

Lamongan, 22/03/2017 Halodunia.net – Kapolres Lamongan, AKBP Juda Nusa Putra memastikan kabar penculikan anak yang disebut marak terjadi, merupakan berita bohong. Polisi menduga berita tersebut menyebar pada Kamis (16/3) melalui Facebook dengan judul tulisan “Di Lamongan Marak Penculikan Anak Balita”.

“Kami menengarai kalau berita palsu ini menyebar sejak Kamis (16/3) sore dari sebuah situs dan diposting di facebook,” kata AKBP Juda.

Pada hari Kamis tanggal 09 Maret 2017 pukul 16.37 WIB di media sosial facebook telah dilakukan penyebaran berita terkait maraknya penculikan anak. Berita tersebut berjudul “Di Lamongan Marak Penculikan Anak Balita”. Kiriman http://ift.tt/2lTPwSB Berita penculikan anak balita tersebut 55 kali dibagikan dan menandai 34 akun lainnya. Selain memuat berita penculikan anak balita akun tersebut juga mengunggah gambar selebaran yang berisi : PENGUMUMAN Waspadalah ada Penculikan Anak-anak Yang Berumur 1-12 Tahun Bapak-bapak Ibu-ibu Harus Menjaga Anak kita dengan Hati-hati.

Penculik Sedang ada dalam Kampung-kampung dan dia menyamar sebagai :

– Penjual – Om telolet – Orang gila -Ibu hamil – Pengemis

Melalui pengamatan di alamat tersebut (aslilamongan.com) tidak dijelaskan waktu, korban dan TKP namun hanya menuliskan Lamongan Marak Penculikan Anak Balita secara umum dan saat ini akun tersebut ERROR/OFFLINE.

A. Mudahnya masyarakat mengakses media sosial mengakibatkan penyebaran issue penculikan anak balita semakin cepat, peran media yang tidak terlebih dahulu melakukan croscheck kebenaran di lapangan dan melakukan pemuatan berita dapat memperkeruh suasana dan menimbulkan keresahan di masyarakat.

B. Kerawanan yang dapat terjadi :

1. Maraknya penyebaran issue penculikan anak balita

2. Menimbulkan keresahan di masyarakat

3. Masyarakat mudah curiga terhadap orang lain

4. Main hakim sendiri yang berujung penganiayaan Mengantisipasi terjadinya kerawanan tersebut diatas maka dihimbau kepada Masyarakat agar tidak mudah percaya dengan issue yang belum tentu kebenarannya.

Awak media agar tidak mudah memuat berita yang bukan fakta dan melakukan klarifikasi. Pihak Kepolisian akan terus melakukan Pembinaan dan Penyuluhan serta meluruskan berita melalui pers terkait issue tersebut. UNIT Intelkam Polres Lamongan telah melakukan kontak menanyakan berita tersebut via Akun , namun pemilik Akun TDK Merespon dan Akun Error’.

“Berita ini yang kemudian membuat warga menjadi resah dan memperkeruh suasana serta membuat masyarakat mudah curiga terhadap orang lain,” terangnya.

Polisi tengah mencari pihak yang menyebarkan kabar bohong ini. Masyarakat diminta tidak mudah percaya dengan isu yang belum tentu kebenarannya dan menggunakan media sosial dengan baik. “Pihak kepolisian akan terus melakukan pembinaan dan penyuluhan serta meluruskan berita terkait isu tersebut,” ujar Juda.

The post Kapolres Lamongan Tegaskan Bahwa Berita Penculikan Anak Di Lamongan HOAX! appeared first on Halo Dunia.



from Halo Dunia http://ift.tt/2mPb42j
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments